Obat Radang Tenggorokan Tradisional Paling Ampuh

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/09/obat-radang-tenggorokan-tradisional.html
Rasa sakit pada tenggorokan merupakan gejala adanya penyakit pada saluran pernapasan. Salah satunya adalah penyakit radang tenggorokan. Mungkin banyak yang menganggap bahwa ini adalah penyakit sepele. Namun jika terus dibiarkan akan berakibat fatal.

Secara medis, radang tenggorokan adalah suatu kondisi ketika tenggorokan terinfeksi bakteri. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, suara serak, batuk, gatal dan terasa sakit saat menelan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Bakteri Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A, merupakan penyebab umum dari penyakit radang tenggorokan. Jenis bakteri ini sangat menular dan dapat menyebar melalui udara ketika Anda batuk dan bersin. Selain itu, bakteri ini juga dapat menyebar melalui makanan, minuman, atau barang-barang yang sudah terinfeksi oleh jenis bakteri ini.

Gejala Radang Tenggorokan

Tanda-tanda umum yang muncul ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, antara lain sebagai berikut:
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah

Itu merupakan gejala paling umum terjadi pada penderita radang tenggorokan. Tapi bisa saja gejala tersebut merupakan pertanda dari penyakit lain.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan


Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat radang tenggorokan tradisional:

1. Teh jahe

Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile

Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam

Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Daun Kemangi

Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Madu dan lemon

Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

6. Menghirup uap panas

Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

7. Konsumsi Sup

Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

8. Minum jus lemon tanpa gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

9. Makan bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

10. Jus buah belimbing

Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

Mengobati Radang tenggorokan dengan cengkih (cengkeh)

Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk megobati sakit tenggorokan. Cara Membuatnya cukup mudah. Siapkan serbuk cengkih sebanyak 1-2 sendok teh dan setengah gelas air matang. Campurkan cengkih dan air,pergunakan campuran serbuk cengkeh dan air tersebut untuk berkumur. Cengkih mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika terserang radang tenggorokan adalah istirahat yang cukup, banyak minum air putih agar kelembaban tetap terjaga dan hindari rokok. Semoga bermanfaat.

Related Posts

82 comments:

  1. makasih infonya,...sangat bermanfaat terutama untuk saya....dan orang lain

    ReplyDelete
  2. akirnya ketemu juga artikel yang saya cari ..thanks sob..

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Ane udah coba bos tapi kok susaaaaaaaah?

    ReplyDelete
  5. wah terimaksih bayak infonya sangat manfaat..

    ReplyDelete
  6. thank's infonya.sangat bermanfaat untuk saya yang sekarang sedang sakit radang tenggorokan

    ReplyDelete
  7. Nice post gan,dicoba ya obatnya
    Jangan lupa kunbal
    Akustikers.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Sakit tenggorokan adalah sakit yang cukup menyiksa

    ReplyDelete
  9. trims ya...resepya

    ReplyDelete
  10. terimakasih atas infonya bagus http://goo.gl/KIATMk

    ReplyDelete
  11. Saya sedang mncobanya,dengan minum wedang jahe,apa bisa sembuh y?

    ReplyDelete
  12. Saya sedang mncobanya,dengan minum wedang jahe,apa bisa sembuh y?

    ReplyDelete
  13. terima kasih banyak Gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Trimz banyak atas infonya... mudah2an bermanfaat buat orang banyak.

    ReplyDelete
  15. eehhh....kalo pita suara nya jadi besar dan panjang kebawah.
    itu termasuk efek dari radang tengorokan juga kh..

    ReplyDelete
  16. eehhh....kalo pita suara nya jadi besar dan panjang kebawah.
    itu termasuk efek dari radang tengorokan juga kh..

    ReplyDelete
  17. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi
    salam kenal.

    ReplyDelete
  18. bismillah, semoga apa yg di tulis di atas benar" terbukti laah
    * tenggorokan bener" sakit nih, kek nelen silet (―˛―)

    ReplyDelete
  19. Aku coba yah tipsnya

    ReplyDelete
  20. terimkasih atas postingannya sangat bermanfaat buat saya...
    oia gan jika untuk mencegah radang tenggorokan bgaimana caranya?
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  21. Thanks infonya, bermanfat sekali.

    ReplyDelete
  22. thx for infonya kebetulan bahan2 nya ada semua di rumah

    ReplyDelete
  23. Sangat bermanfaat artikel ini, tambahan ilmu pengetahuan kesehatan buat saya pribadi
    http://ulasankesehatan4545.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. wah keren bgt deh ide postingnya ini loh meski sederhana namun sangat bermanfaat :) thanks :D
    Ihsan Magazine
    prediksi bola

    ReplyDelete
  25. bagus sekali tipsnya. boleh nanti saya coba karena sering terjadi radang tenggorokan.

    ReplyDelete
  26. artikel yang bagus gan, insya alloh bermanfaat. Selamat berbagi semoga berkah... Aamiin

    ReplyDelete
  27. makasih infonya... mudah2an bermanfaat bagi saya dan keluarga

    ReplyDelete
  28. http://goo.gl/x34LO0 cool web safely visit sister in wait behind comrade ...

    ReplyDelete
  29. Makasih infona ...uhuk" ...pingin nyobak langsung :)

    ReplyDelete
  30. Good info, terima kasih. sakit tenggorokan lebih baik minum herbal, aman. dianjurkan juga ke dokter, kombinasi herbal tapi minum di jeda 2 jam, herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga organ tubuh agar tidak dipenuhi racun dari obat kimia

    ReplyDelete
  31. terima kasih atas infonya, berguna sekali

    ReplyDelete
  32. tips yang sangat bermanfaat, terima kasih banyak

    ReplyDelete
  33. sangat setuju sekali dengan tips yang diberikan di atas, terima kasih penulis

    ReplyDelete
  34. coba juga cara super cepat mengobati sakit tenggorokan disini http://uripesehat.blogspot.com/2015/01/cara-diet-tanpa-lapar.html

    ReplyDelete
  35. wahhh terimakasih ya atas tips yang diberikan ;)

    visit to http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  36. Makasih infonya Gan, kebetulan lagi sakit tenggorokan nich !

    ReplyDelete
  37. Wah manjur nih.. skrng udh sembuh

    ReplyDelete
  38. Lowongan Kerja Terbaru 2015, Lowongan Kerja SMA SMK, Lowongan Kerja D3 S1 S2, Lowongan Kerja BUMN, Lowongan Kerja BANK, di http://expocpnsbumn.blogspot.com/

    ReplyDelete
  39. artikel yang lainnya, di tunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  40. teriama kasih gan info nya,,,
    sangat bermanfaat sekali,,
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  41. Nyesel deh makan mie rebus komplit (mie+telor+rawit+sayur) pas kmren lagi sakit, biasanya kan klo lagi pusing2 gtu makan yang pedes2 suka seger. Ini seger enggak malah bkin radang tenggorokan D:

    ReplyDelete
  42. Nice Info gan,,sangat bermanfaat sekali untuk tipsnya ,,,slaam sukses gan !!!

    ReplyDelete
  43. Terima kasih atas tips-nya, semoga kita semua diberi kesembuhan

    ReplyDelete
  44. Wah....pasti aq coba.Makasih artikelnya.

    Visit http://goo.gl/xw1WQX
    Rahasia mengumpulkan rupiah dari facebook anda

    ReplyDelete
  45. selain jahe ternyata bawang putih juga bisa jadi obat untuk radang tenggorokan ya , terimakasih informasinya gan ..

    ReplyDelete
  46. jika meminum jus tanpa gula, memang bagus. ada baiknya gula di ganti dengan coklat c, saya suka coba minum lemon di campur kecap.

    ReplyDelete
  47. Terima kasih…infonya bagus dan sangat bermanfaat...
    SALAM SUKSES..!!

    ReplyDelete
  48. Mengatasi radang tenggorokan dengan teh jahe menjadi cara tradisional untuk menggantikan obat yang mengandung bahan kimia. Terima Kasih Atas Informasinya

    ReplyDelete
  49. artikelnya mudah di pahami,,,bagus,maksih buat penulis

    ReplyDelete
  50. wahhh terimakasih yaaa untuk postingannya dan untuk tipsnya dok..

    semoga bermanfaat http://obatdiabetesalamijg.com/

    ReplyDelete