Gejala Asam Urat, Penyebab dan Cara Mencegah

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/05/gejala-asam-urat.html
Info Kesehatan - Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya zat purin dalam tubuh. Zat purin yang berlebihan ini akan diolah oleh tubuh menjadi asam urat, namun dikarenakan zat purin yang berlebih membuat tubuh kewalahan dalam mengolah sehingga ginjal akan mengalami gangguan yaitu tidak mampu mengeluarkan asam urat dengan benar yang berujung pada rasa nyeri di bagian persendian akibat adanya tumpukan kristal di bagian persendian.

Bicara soal zat purin, apakah Anda sudah tahu apa itu? Jika belum, mari kita kenali dulu sebelum lebih jauh mengulas tentang penyakit asam urat ini.

Zat purin merupakan zat yang terbentuk dari makanan yang kita konsumsi sehari hari seperti yang berasal dari tubuh makhluk hidup, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwasanya penyakit asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi tiap hari dimana lebih dominan menyerang seseorang pada usia lanjut. Asam urat juga mengundang beberapa penyakit lain seperti diabetes, gangguan ginjal atau hipertensi. Jika dibiarkan tanpa dilakukan berbagai tindakan medis bisa mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal yang berujung pada gagal ginjal

Gejala Penyakit Asam Urat


Kenali apa saja tanda-tanda penyakit asam urat agar Anda bisa memberi diagnosa pada diri sendiri jika akan menderita penyakit ini, namun ada baiknya Anda langsung menanyakan pada dokter jika tubuh Anda memberi sinyal berupa gejala seperti berikut ini.

1. Ketika bangun tidur di pagi hari dan menjelang tidur di malam hari biasanya sendi akan terasa nyeri dan hal ini terjadi tiap hari.
2. Beberapa rasa nyeri pada persendian biasanya disertai dengan linu, ngilu, kesemutan, pembengkakan, dan meradang dengan warna kemerahan.
3. Di bagian lengan akan terasa nyeri sendi, lebih tepatnya pada area seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, bagian siku, lutut dan tumit.
4. Jika sudah parah, biasanya gejala yang timbul adalah saat Anda bergerak dalam beraktivitas sendi akan mengalami rasa sakit yang tak biasa.

Penyebab Penyakit Asam Urat


Asam urat terjadi disebabkan oleh beberapa makanan yang kita konsumsi tiap hari dimana makanan-makanan ini seharusnya (juga) menjadi pantangan bagi penderita asam urat, apa saja? Simak berikut ini beberapa jenisnya.

1. Makanan jeroan seperti hati, otak, babat, ginjal, usus, paru, dan limpa.
2. Daging-dagingan seperti daging sapi, daging kambing, hingga daging kuda.
3. Makanan laut (seafood) seperti cumi-cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, dan udang.
4. Ekstrak daging seperti dendeng dan abon.
5. Daging bebek kalkun dan angsa.
6. Makanan yang dikemas dalam kaleng seperti sarden, kornet sapi, dan masih sebagainya.
7. Untuk buah-buahan yang menjadi pantangan sekaligus penyebab asam urat misalnya nanas dan durian.
8. Beberapa sayuran seperti bayam, buncis, kembang kol, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, dan aspragus.
9. Kacang-kacangan seperti tauge, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, kacang kedelai dan olahannya seperti tempe dan oncom.
10. Makanan yang mengandung protein disertai tinggi lemak.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat


Untuk mencegah penyakit ini Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut.
  • Banyak mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, strawberry, dan pepaya.
  • Buah dan sayur yang bisa juga mengobati asam urat seperti buah naga, sawi putih, belimbing sayur, sawi hijau, tomat, dan jahe.
  • Konsumsi makanan yang juga kaya potasium seperti pisang, yoghurt, dan kentang.
  • Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks melimpah seperti roti, ubi, singkong, dan nasi.
  • Kurangi makan makanan manis seperti permen, gula, sirup, arum manis, dan gulali.
  • Bagi Anda yang berpostur gembul, segera melakukan diet untuk menurunkan berat badan Anda.
  • Jangan minum obat aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu ekstra agar tubuh tidak kelelahan.
  • Olahraga rutin minimal 3 kali dalam seminggu.
  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari atau 2 liter air mineral.

Untuk lebih menambah pengetahuan anda mengenai penyakit ini silahkan baca juga artikel mengenai obat asam urat tradisional. Sampai disini apakah Anda sudah mengenal apa saja gejala asam urat, penyebab asam urat, dan cara mencegah asam urat?

Related Posts