Buah-Buahan yang Bagus untuk Penderita Diabetes

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/04/buah-buahan-yang-bagus-untuk-penderita-diabetes.html
Info Kesehatan - Diabetes mellitus merupakan penyakit yang sangat merepotkan dan sulit disembuhkan. Penderita diabetes juga di pantang atau tidak diperbolehkan memakan banyak jenis makanan,terutama makanan yang mengandung gula (fruktosa,glukosa,sukrosa). Karena jenis makanan ini akan memperburuk kesehatan penderitanya.

Kendati demikian bukan berarti penderita diabetes dilarang sama sekali untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung gula,terutama buah buahan. Ada beberapa jenis buah-buahan  yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Yah walaupun harus dengan resep atau takaran tertentu. Jadi, buah apa saja yang tetap aman untuk dikonsumsi penderita diabetes?

Berikut 10 buah yang tetap bisa dikonsumsi dan aman bagi pasien diabetes, seperti dilansir Times of India, Selasa (14/5/2013):

1. Jeruk Bali
Jeruk Bali merupakan salah satu jenis jeruk dengan rasa manis, asam dan segar. Buah ini merupakan pilihan sehat untuk penderita diabetes. Dianjurkan untuk mengonsumsi setengah jeruk bali dalam sehari.

2. Berbagai jenis Beri [Cranberi, Raspberi, Bluberi]
Berbagai macam beri mengandung anti-oksidan yang sangat baik. Selain itu, beri mengandung serat, rendah karbohidrat, dan berbagai vitamin. Konsumsi tiga perempat cangkir buah beri cukup untuk menu per hari.

3. Melon dan Semangka
Melon dan semangka kaya akan vitamin B dan C, serta betakaroten, kalium dan likopen. Memiliki kebiasaan mengonsumsi sepotong melon setiap hari ini akan memberi Anda vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari.

4. Ceri
Ceri memiliki kandungan anti-oksidan. Selain itu, buah ini juga rendah karbohidrat dan glikemik. Disarankan untuk mengonsumsi 12 buah ceri per hari.

5. Persik
Buah persik atau peach merupakan sumber yang baik untuk vitamin A dan C. Selain itu, buah ini juga rendah karbohidrat, kaya kalium, dan serat.

6. Aprikot
Buah aprikot rendah akan karbohidrat, namun tinggi serat dan kaya akan vitamin A. Buah ini merupakan pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Mulailah untuk memasukkan 1 buah aprikot dalam menu harian Anda.

7. Apel
Ketika mengonsumsi apel, hindari mengupas kulitnya. Makanlah sebuah apel beserta kulitnya sebab kulit apel justru kaya akan anti-oksidan. Selain itu, apel merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik.

8. Kiwi
Kiwi merupakan sumber yang baik bagi kalium, serat, dan vitamin C. Buah ini juga mengandung karbohidrat yang rendah, di mana sangat baik bagi penderita diabetes. Disarankan untuk mengonsumsi 1 buah kiwi per hari untuk menjaga kesehatan Anda.

9. Pir
Buah pir kaya akan kalium, serat, dan rendah karbohidrat. Para ahli berpendapat buah pir harus menjadi bagian dari menu makan Anda sehari-hari.

10. Jeruk
Jeruk dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. Buah ini juga rendah karbohidrat dan mengandung kalium. Sama seperti jeruk bali, buah jeruk juga merupakan buah yang aman bagi penderita diabetes.

Nah itulah Buah-Buahan yang Bagus untuk Penderita Diabetes yang bisa saya saya berikan buat anda. Semoga bermanfaat

Related Posts