Manfaat Bersin dan Bahaya Menahannya ( Info Kesehatan )

shares |

ADVERTISEMENT

Info Kesehatan - Seringkali jika kita sedang terserang flu atau  alergi terhadap debu atau bau bahkan tanpa sebab pun kita mengalami bersin.Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Jika seseorang sedang sakit bersin yang terjadi dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 m. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/04/manfaat-bersin-dan-bahaya-menahannya.html
Dilihat dari sudut pandang Sains, Bersin merupakan reaksi penyesuaian karena ia menyingkirkan ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dan membersihkan rongga hidung. Saat bersin, lelangit ("palate") lembut dan uvula lendut sementara belakang lidah naik untuk menutup sebagian rute ke mulut agar udara yang disingkirkan dari paru-paru bisa dikeluarkan melalui hidung. Oleh karena penutupan muluh adalah sebagian, sejumlah besar udara ini biasanya juga dikeluarkan melalui mulut

Bersin biasanya sering dihubungkan dengan penyakit influenza atau pilek dan batuk. Tetapi sebenarnya ini bukan hanya gejala penyakit influenza saja ini juga merupakan gejala penyakit pernapasan (misalnya rhinitis, dan selesma). Kadangkala kita bersin ketika pilek, ingus akan terdorong keluar dari dalam hidung. Ini dapat menularkan virus kepada orang disekitar kita. Untuk itu tutuplah mulut dan hidung dengan saputangan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Manfaat Bersin untuk Kesehatan
Berikut ini beberapa manfaat bersin untuk kesehatan

Besin Membesihkan Hidung
Bersin merupakan reaksi spontan tubuh untuk membersihkan lubang hidung dari benda-benda asing dengan cara hembusan angin yang kuat dari paru-paru keluar tubuh baik melalui hidung maupun mulut.

Bersin Merestart Tubuh
Pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara. Dan setelah kita selesai masa bersin tersebut, maka jantung kita akan berdetak dengan normal kembali

Bersin Mengeluarkan bakteri dan penyakit yang ada dalam tubuh
Seperti disebutkan diwal ketika seseorang bersin akan mengeluarkan sekitar 40.000 butir air yang didalamnya terdapat bakteri ataupun peyakit dari dalam tubuh.

Bahaya Menahan Bersin Untuk kesehatan

Kebiasaan menahan bersin tidak baik untuk kesehatan.kebiasaan menahan bersin ini mungkin terjadi ketika seseorang berada berada ditempat umum,sedang dalam pertemuan penting atau dalam kondisi apa saja.dan kebiasaan menahan berin ini bertujuan untuk "jaim" atau "jaga image".bisa dimaklumi sih,tetapi kegiatan menahan bersin ini sangat tidak baik dan berbahaya untuk kesehatan.


Seperti dilansi dari health.detik.com,Dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics mengatakan"Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko"

Michael Roizen juga menyebutkan ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin yaitu:

  1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  2. Mimisan
  3. Pecah gendang telinga
  4. Gangguan pendengaran
  5. Vertigo
  6. Retina yang terlepas atau mengalami emfisema. Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.
Selain hal itu ada yang menyebutkan bahwa bersin yang tertahan bisa mematikan ribuan sel otak.Walaupun otak kita memiliki triliunan sel otak tetap saja menahan bersin berbahaya untuk otak.selain itu saya juga teringat aka cerita salah seotrang guru saya ketika di SMA dulu.Beliau bercerita bahwa ketika beliau masih duduk di bangku kuliah ada teman beliau yang tidak pernah bersin alias selau menahan bersinya.dan temanya tersebut harus di operasi pada baian pipinya karena ada benjolan yang semakin membesar.dan setelah operasi tersebut diketahui  kalau benjolan itu adalah lendir yang terkumpul karena kebiasaanya menahan bersin.Ngeri Kan?????

Tanggapan Tradisional Bila Mendengar Seseorang Bersin

Di negara-negara berbahasa Inggris ada kebiasaan untuk setidak-tidaknya satu orang untuk mengatakan "God bless you" (Semoga Tuhan memberkati Anda) (atau hanya "Bless you" - Kiranya Anda diberkati) bila seseorang bersin. Tradisi ini berasal dari Abad Pertengahan, ketika diyakini bahwa ketika seseorang bersin, jantungnya berhenti berdenyut, jiwanya meninggalkan tubuhnya, dan dapat direnggut oleh roh jahat. Kini, kata-kata itu diucapkan hanya sekadar sopan-santun dan biasanya orang yang bersin kemudian menjawab "Thank you/Terima kasih".

Dalam budaya Islam yang didasarkan pada berbagai hadis dan ajaran Muhammad . Sebuah contoh dari hal ini adalah hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

"Ketika salah satu dari kita bersin, biarkan dia berkata, "Al-hamdu-Lillah" (Segala puji bagi Allah ) , dan membiarkan saudaranya atau pendamping berkata kepadanya, "Yarhamuk Allah" (Semoga Allah merahmati anda) . Jika ia berkata, "Yarhamuk-Allah", kemudian biarkan [hidung itu] berkata, "Allah wa Yahdiikum yuslihu baalakum" (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda)."

Dalam bahasa-bahasa lain


  • Bahasa Azerbaijan, bersin biasanya diikuti oleh jawaban ""Saglam ol"" yang berarti "semoga Anda sehat"
  • Bahasa Italia, bersin diikuti oleh jawaban ""Salute""
  • Dalam budaya-budaya berbahasa Portugis, bersin diikuti oleh jawaban "Saúde", ("Sehat"), atau "Santinho" ("santo kecil"), lainnya mengatakan "Yesus". Yang bersin kemudian menjawab "Obrigado" atau "Obrigada" (terima kasih).
  • Dalam budaya berbahasa Spanyol, bersin biasanya diikuti oleh jawaban "Salud", ("Semoga Anda sehat") juga di tempat-tempat tertentu mereka mengatakan "Jesús" (Yesus) (seperti di Spanyol). Orang yang bersin kemudian menjawab "Gracias" (terima kasih).
  • Namun, di Puerto Rico, juga sangat umum bagi seseorang untuk menjawab bersin yg kedua dan ketiga dengan "Dinero" ("Uang") dan "Amor" ("Cinta"), mengikuti setelah jawaban awal "Salud".
  • Bagi bangsa Brazil-Portuguese,bersin biasanya diikuti dengan jawaban "Saúde", ("Sehat"), dan juga "Santinho" yang artinya " Kiranya Anda diberkati".
  • Dalam Bahasa Bulgaria,bersin biasanya diikuti dengan jawaban "Наздраве!", (Nazdrave, artinya "Demi kesehatan[mu] ", yang kemudian dijawab dengan "Мерси" (Merci) or "Благодаря" ("Blagodarya") yang artinya "Terima kasih").
  • Dalam Bahasa Romania, bersin biasanya diikuti dengan jawaban "Noroc", ("Semoga Beruntung") yang kemudian dijawab dengan “Mersi” atau “Multumesc” ("Terima kasih").
  • Dalam Bahasa Jerman, Gesundheit (yang artinya "Sehat [bagimu]") sangat umum digunakan, tetapi juga sering digunakan pada negara yang berbahasa Inggris. Jawaban ini adalah penerus dari kepercayaan zaman dahulu bahwa bersin adalah tanda sakit yang parah.
  • Dalam Bahasa Hebrew, "לבריאות" (Labriyut, artinya "Demi kesehatan[mu] ").
  • Dalam Bahasa Polandia jawaban yang umum adalah "Sto lat" yang artinya "Ratusan tahun" (source :https://id.wikipedia.org/wiki/Bersin)

Nah setelah kita tahu akan bahaya menahan bersin dan melihat dari tanggapan orang diberbagai belahan dunia tentang bersin ini seharusnya menyadarkan kita untuk tidak membiasakan menahan bersin untuk jaga image.Karena orang yang sudah tahu dan faham akan manfaat dan bahaya menahan bersin pasti menanggapi positf jika ada orang lain bersin.

Kesimpulan
Jangan Malu untuk bersin dan jangan membiasakan menahan bersin,karena itu tidak baik dan bisa membahayakan kesehatan anda.Solusinya selalu bawa sapu tangan ataupun tisu di saku ataupun tas anda apalagi jika anda sedang pilek atau flu.

Semoga tulisan ini bermanfaat!!!!!

Related Posts