Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/12/manfaat-jahe-untuk-kesehatan-dan.html
Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale Rosc. merupakan salah satu rempah yang sering dijadikan bumbu dapur. Selain itu, jahe juga bisa dijadikan sebagai bahan minuman seperti teh jahe atau wedang jahe. Dimana minuman dari jahe ini sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Selain sebagai bahan makanan dan bumbu masak, jahe juga sudah dikenal sebagai bahan untuk resep pengobatan tradisional. Dipadukan dengan bahan lain ia diyakini mampu meningkatkan vitalitas seseorang. Kandungan minyak atsiri dalam jahe bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, antiinflamasi, dan antibakteri.

Nah, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat jahe untuk mengobati berbagai macam penyakit:

Masuk angin
Seibu jari jahe tua dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air dan beri sedikit gula aren. Didihkan sekitar ¼ jam lalu saring. Minum hangat-hangat.

Batuk
Jahe, biasa digunakan sebagai obat batuk tradisional. Caranya, ambil seibu jari jahe dicuci dan dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum air rebusan itu sekaligus.

Sakit kepala/migrain
Jahe juga bisa untuk mengobati sakit kepala. Caranya, ambil seibu jari jahe dicuci, dibakar, dan dimemarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren. Minum airnya sekaligus.

Rematik, nyeri pinggang, nyeri punggung
Jika anda sering mengalami rematik atau sakit pinggang, gunakan saja jahe untuk mengobatinya. Tumbuk rimpang jahe yang sudah dicuci, lalu beri sedikit eau de cologne. Gosokkan ke bagian yang sakit.

Mabuk perjalan dan mengeluarkan gas dari perut
Seibu jari rimpang jahe dicuci dan diiris-iris, lalu direbus dengan segelas air. Tunggu sampai agak dingin. Minum air rebusan tersebut sekaligus.

Mual
Jahe juga bisa dijadikan untuk mengobati perut mual: Seibu jari jahe dicuci dan dimemarkan. Seduh dengan segelas air. Beri sedikit asam jawa dan gula batu. Aduk, saring, lalu minum sekaligus.

Eksem
seibu jari jahe diparut lalu diperas. Parut juga sebuah lobak, lalu campurkan dengan air perasan jahe. Tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan pada bagian yang terkena eksem.

Panu
tumbuk 2 ruas jahedan segenggam daun turi yang sudah dicuci bersih. Balurkan ramuan tersebut pada kulit yang berpanu.

Terkilir
Dua ruas jahe diparut lalu tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan dua kali sehari.

Vitiligo (bercak putih karena kehilangan pigmen)
30 g jahe dibersihkan lalu dibuat jus. Bubuhkan jus tersebut pada kulit yang menderita vitiligo.

Borok
Seibu jari rimpang jahe dicuci lalu diparut. Gunakan parutan itu untuk mengompres luka.

Digigit ular
Lumatkan seibu jari rimpang jahe yang sudah dicuci. Beri sedikit garam. Tempelkan pada luka bekas gigitan ular dan segera bawa ke dokter.

Gatal karena gigitan serangga
lumatkan jahe yang sudah dicuci. Gosokkan pada bagian yang gatal.

Cacing gelang
60 g jahe segar dicuci lalu dilumatkan dan diberi segelas air. Saring, beri 1 sendok makan madu. Ramuan ini untuk diminum 3 x sehari.

Nah, itu dia beberapa manfaat jahe bagi kesehatan dan pengobatan tradisional. Jadi jangan lupa untuk selalu menyimpan jahe di dapur Anda.

Related Posts